15 Hal di One Piece yang Diambil dari Indonesia

Siapa yang tidak mengenal anime One Piece dari Jepang yang menceritakan tentang kehidupan bajak laut dan petualangan bersama teman-temannya mengelilingi lautan yang ada di seluruh dunia. Tokoh utama yang diperankan oleh Monkey D. Luffy ini hingga sekarang masih tayang di Jepang dan belum diperkirakan sampai kapan berakhirnya. Penulis hebatnya, Oda-Sensei diduga terinspirasi dari beberapa hal yang berada di Indonesia. Hal ini menyebabkan budaya Indonesia yang digunakan dalam karakter anime One Piece menjadi mendunia. Pasalnya, penggemar One Piece bukan hanya dari negera Jepang saja, namun tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, di Indonesia sudah banyak penggemarnya. Mereka biasa menyebut komunitas mereka dengan sebutan Oploverz, atau One Piece Lovers (Pecinta One Piece). Berikut ini Aleicious akan merangkum 15 hal di Indonesia yang ada dalam dunia One Piece.

1. Kaya
Di kota Usopp berasal, terdapat perempuan cantik dan berharta melimpah bernama Kaya. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KKBI), arti dari kaya adalah memiliki banyak uang. Hal ini juga sesuai dengan karakter Kaya yang banyak uang dan memiliki harta berlimpah. Luffy dan teman-teman ketika itu mendapat hadiah sebuah kapal mewah yang diberi nama Merry Go.
Usopp ngobrol dengan Kaya

2.      Menara Arlong Park 
Secara sekilas, tampak markas besar Bajak Laut Manusia Ikan "Arlong Park" serupa dengan Pura (Tempat beribadah umat Hindu) yang banyak ditemukan di Pulau Bali dan Jogjakarta.
Pura di Bali











3. Batik celana Enel
Enel adalah tokoh antogonis di Pulau Langit yang memiliki kekuatan petir. Bila diperhatikan dengan seksama, celana yang dipakai oleh Dewa Enel memiliki motif seperti batik Parang yang kebanyakan di produksi di daerah Jawa Tengah. Motifnya yang khas dengan gaya Indonesia sudah jelas kalau itu berasal dari budaya kita. Apakah kalian juga mengamati hal ini?
Sumber: (hasil edit sendiri)

4. Telinga dan penutup kepala Dewa Enel mirip dengan wanita Suku Dayak.
Suku Dayak yang hidup di daerah Kalimantan Timur memiliki tradisi untuk memanjangkan telinganya. Proses pemanjangan cuping telinga dilakukan sejak bayi dengan member pemberat pada telinga berupa logam. Dengan adanya logam pemberat ini, cuping telingan akan semakin melar dan memanjang. Sebagaimana warga Suku Dayak, telinga Dewa Enel pun panjang dan terdapat pemberat serupa logam yang berwarna kuning keemasan. Pemanjangan cuping telinga sebagai tanda bahwa seseorang tersebut merupakan keturunan bangsawan. Dalam Anime One Piece diceritakan bahwa Enel merupakan seorang Dewa yang memiliki kekuatan dalam mengedalikan bawahannya. Bila diamati lebih dalam lagi, ternyata penutup kepala yang digunakan Enel juga kita jumpai sebagaimana yang digunakan oleh penduduk suku Dayak.
Sumber: hasil edit sendiri
5. Mantra
Di pulau langit, Luffy dan teman-temannya harus melawan sekumpulan orang yang memiliki kekutan hebat dengan pimpinan Dewa Enel. Mereka memiliki kekuatan aneh yang disebut “mantra”. Dengan adanya mantra, Enel dan kawan-kawannya mampu memprediksi pergerakan yang akan dilakukan oleh Luffy dan temannya. Mereka dapat menghindar dan menangkis serangan kelompok bajak laut ini dengan cepat. Dalam bahasa Indonesia, mantra diartikan sebagai susunan kata yang memiliki rima dan dianggap mengandung kekuatan gaib. Mantra biasanya diucapkan oleh dukun, pawang, spiritualis, atau orang yang dengan maksud untuk menandingi kekuatan gaib yang lain 

6. Perempuan Suku Shandia bernama Laki
Perempuan Suku Shandian cantik ini bernama Laki. Ia digambarkan memiliki kemampuan bertarung yang hebat sebagaimana laki-laki pada umumnya. Bisa jadi nama Laki diambil dari karakter seorang laki-laki yang kuat dan berani.

7. Suku Shandia
Suku Shandia dalam anime One Piece merupakan musuh Enel dalam memperebutkan tanah leluhur mereka. Mereka digambarkan sebagai warga yang kuat dengan tokoh pria bertelnjang dada dan memakai busana berumbai-rumbai dengan senjata mereka berupa tombak dan sebuah tameng. Pakaian dan senjata yang digunakan oleh suku Shandia ini mirip sekali dengan pemandangan di Suku Dayak.
Suku Shandia vs Suku Dayak
8. Jaya identik dengan Irian Jaya
Pulau Jaya yang berada 10.000 km diatas permukaan laut atau yang dikenal dengan Skypiea mempunyai beberapa kesamaan dengan Irian Jaya. Kata “jaya” pada Irian Jaya bermakna kemenangan Irian dari Belanda. Sama seperti pulau Jaya yg pada saat akhir berhasil lepas dari cengkraman Enel. Pulau jaya dengan bentuk tengkorak yang terpisah pun terinspirasi dari bentuk pulau Irian Jaya dimana bentuk pulaunya mirip seperti sebuah binatang/hewan yang terbelah karena perbedaan kenegaraan antara Indonesia dan Papua New Guinea. Selain itu di Pulau Jaya terdapat Gunung Emas yang tidak bisa dimanfaatkan oleh penduduk karena direbut oleh Enel untuk membangun Kapal Maxim. Sama seperti Irian Jaya di mana penduduknya tidak bisa menikmati emasnya sendiri karena dieksploitasi oleh negara lain.

9. Burung South Bird
Sumber: hasil edit sendiri
Burung South bird sebagai penunjuk jalan menuju Skypiea memiliki cirri unik berupa dua benjolan aneh menyerupai jambul di kepala, dan paruh besar. Jenis burung ini menyerupai burung burung Tingang atau burung Rangkong (Bucerotidae/Hornbill) yang merupakan jenis hewan endemik pulau Kalimantan Indonesia.

10. Chaime si ikan Duyung
Ikan Duyung yang bernama Chaime merupakan salah satu penduduk Pulau Manusia Ikan yang letaknya berada di 10.000 km dibawah permukaaan laut. Caimie diperkenalkan sebagai ikan duyung berjenis Kissing Gourami. Di dunia nyata, spesies Kissing Gourami berasal dari daerah perairan antara Indonesia sampai Thailand. Biasanya ikan tersebut mempunyai ciri khas yaitu berwarna pink
Caime dan Ikan Kissing Gourami
11. Hotel Tropical
Di kota Mock Town sebelum kru Bajak Laut Topi Jerami menuju pulau langit atau skypiea terdapat Hotel bernama Tropical. Dari nama dan konsepnya, Hotel Tropical di One Piece hampir mirip dengan Hotel Tropical yang ada di Pulau Dewata Bali. Hotel tersebut di sewa oleh Bellamy beserta teman-temannya. Karena itulah, pemilik hotel yang bernama Spector sampai menolak semua pelanggan yang akan menyewa kamar karena diancam oleh Bellamy. Hotel ini memulai debutnya di manga Chapter 223 dan Anime Episode 146.

12. Senjata Pop Green Usopp
Setelah Usopp berlatih selama 2 tahun di Pulau Boin, Usopp memiliki senjata yang lebih banyak dan beragam. Salah satunya adalah Bunga Rafflesia. Siapa yang tidak tahu bunga tersebut?. Di sekolah dasar kita sudah di ajari oleh Pak Guru tentang bunga yang sering disebut bunga bangkai karena baunya yang sangat busuk di Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bunga Rafflesia ini merupakan bunga endemik Pulau Sumatera, karena tumbuhan ini hanya bisa tumbuh di pulau Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

www.kaskus.co.id
13.  Pulau Sabaody
Pulau Sabaodi yang merupakan hutan Mangrove (bakau) terbesar di dunia One Piece, sedangkan hutan mangrove terbesar di dunia nyata adalah di Indonesia.

14.  Rumah Gadang Markas Besar Duval
Dari segi bangunan sangat terlihat sekali bahwa markas Duval sang pemimpin Fish Fliying Rider sangat menyerupai rumah adat Gadang yang berada di Kepulauan Nias. Rumah gadang memiliki ciri terbuat dari kayu dan terdapat tangga yang menghubungkan menuju ruang utama.

Rumah Gadang di Pulau Nias

15.  Joy Boy yang identik dengan Joyo Boyo
Joy Boy adalah seseorang yang membuat kapal raksasa Noah di Pulau Manusia Ikan. Nama tersebut mirip dengan nama Raja yang memerintah kerajaan Kediri pada tahun 1135-1157. Dari segi nama saja sudah mirip kan. Nah dalam hal masa pemerintahannya juga serupa, kira-kira sekitar 900 tahun yang lalu. Dialah yang membawa Kerajaan Kediri berada di puncak kejayaannya.   

Bandingkan dengan Joy Boy dalam One Piece, ketika Raja Neptune mengatakan "a human
from above that actually existed in the blank 100 years". 100 tahun yang hilang terhitung dari 900-800 tahun yang lalu waktu One Piece. Mirip kan?

Mungkin jika sahabat aleicious menemukan kesamaan-kesamaan yang lain, silahkan berkomentar di bawah.. 

Comments

  1. Mungkin ada yg terlupa ketika luffy di Pulau Zou, kita dapat melihat ada Rumah Gadang khas Minangkabau di latar belakangnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts